Jumat, Agustus 30

Manfaat Senam Hamil Bagi Kesehatana

Manfaat senam hamil sangat penting demi menunjang kelancaran sang ibu dalam melakukan persalinan. Pada wanita hamil masa yang paling menakutkan adalah menghadapi masa melaihrkan. Maka dair hal tersebut sang wanita lebih memilih melakukan manfaat senam hamil untuk mengurangi resiko melahirkan. Senam hamil adalah sebuah latihan fisik yang dihususkan untuk ibu hamil agar mereka dapat melatih kelenturan otot-otot tertentu yang menunjang persalinan, seperti otot paha dan tulang panggul. Di dalam manfaat senam hamil sang ibu akan dialtih beberapa berakan yang sangat berguna dalam masa persalinan.

Senam Hamil

Bagi ibu hamil menjalani manfaat senam hamil harus diperhatikan dengan skesama. Mulai dari makanan , aktivitas , dan olahraga yang cukup bagi ibu hamiul. Salah satu kegiatan yang menambag semangat para ibu hamil adalah melakukan Senam ibu hamil tua. Senam hamil akan merelekskan fikiran sang ibu dan menjaga stamina para ibu agar pada waktu melahirkan maka ibu akan lebih siap. Olah raga dianjurkan pada ibu hamil adalah senam hamil , manfaat senam hamil sangat cocok untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan.senam hamil adalah senam yang dilakukan untuk melatih otot-otot tertentu untuk membantu persalinan bisa normal. 
Otot-otot yang mempengaruhi proses selama persalinan yaitu otot perut , otot panggul dan otot paha. Manfaat senam hamil dapat dilakukan oleh calon ibu yang memiliki usia kehamilan diatas 6 bulan. Namun sangat disayangkan tidak semua ibu hamil tua dapat melakukan senam ini. Mereka yang [pernah memiliki riwayat pendarahan selama masa kehamilan , riwayat melahirkan seacara prmatur , riwayat kontraksi selama kehamilan serta ibu yang hamil memimiliki komplikasi dilarang mengikuti senam ibu hamil ini karen jika dipaksakan akan memperbesar resiko keguguranmanfaat senam hamil


Sedangkan manfaat senam hamil ibu  tua akan dikenalkan dengan jenis pernapasan seperti jenis pernafasan perut, diaframa dan pernafasan dada. Ketiga macam pernafasan tersebut bisa membantu proses selama melahirkan apabila dilatih dengan baik. manfaat senam hamil akan diajarkan peregangan yang aman peregangan ini akan berfungsi untuk mengatasi keluhan selama masa kehamilan. Keluhan tersebut antara lain kram , rasa pegal dipinggang dan punggung, rasa bengkak.s selain itu dengan melakukan senam hamil tua si pelaku juga akan mengetahui mengenai gerakan untuk membantu agar si bayi msauk ke posisi lahir yang baik. Dengan melakukan senam hamil maka para bunda akan mengetahui posiisi yang benar pada waktu melahirkan bayi dan paham mengenai urutan napas yang harus dilakukan pada waktu melahirkan agar dapat membantu anda melancarkan proses persalinan.

Manfaat senam hamil adalah:
  • Melatih sikap tubuh guna menghindari atau meringankan keluhan-keluhan seperti sakit pinggang dan punggung, konstipasi, bengkak pada kaki, varises vena, dan cepat lelah.
  • Memperkuat dan mempertahankan kelenturan otot-otot dinding perut dan dasar panggul yang penting dalam proses persalinan.
  • Mengurangi kecemasan dan ketegangan selama kehamilan
  • Membuat tubuh lebih rileks sehingga akan membantu mengurangi stres dan rasa sakit ketika bersalin.
  • Melatih berbagai tehnik pernafasan yang penting agar persalinan dapat berjalan lancar dan lebih cepat
  • Memperlancar persalinan normal secara fisik dan mental
  • Meningkatkan mood dan pola tidur
  • Mempercepat penurunan berat badan setelah melahirkan

Artikel Terkait:

3 komentar:

Anonim mengatakan...

interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings

Unknown mengatakan...

terima kasih ..
artikelnya sangat membantu sekali, ternyata banyak juga ya.. manfaat senam hamil..
oya sis klo ada kesempatan dilakan mampir kelapak kami yang jualan kaos kaki muslimah terbaru ... kami tunggu sis..

Wijaya Raya mengatakan...

Mantaff banget gan informasinya, makasih banyak ya??